Melayani Sepenuh Hati


Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaannya, melayani sepenuh hati adalah motto kami

Visi

Menjadi Rumah Sakit Bhayangkara yang Modern dalam bidang Pelayanan Kesehatan dan Kedokteran Kepolisian melalui transformasi digital

Misi

1. Menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan dan Kedokteran Kepolisian secara prosedural, profesional dan paripurna kepada masyarakat Polri dan Masyarakat Umum.



2. Peningkatan kemampuan SDM, sarana dan prasarana dalam rangka meningkatkan mutu dan keselamatan pasien berbasis teknologi.



3. Menyelenggarakan Pelayanan Kedokteran Kepolisian berbasis teknologi secara profesional dalam rangka mendukung tugas operasional Polri.

4. Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, dan penelitian yang berkualitas sesuai kebutuhan pelayanan kesehatan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Motto

Melayani Sepenuh Hati

 

Operasi Minimal Invasif Dengan Teknik Laparoskopi di RS Bhayangkara H.S. Samsoeri Mertojoso Surabaya

Oleh : RS. BHAYANGKARA SURABAYA 03 Mei 2021 07:55 WIB

Share : : 3549   |   : 0


Keterangan : BSMMed Edisi 13

 

      Tehnologi kedokteran saat ini berkembang sangat pesat, salah satunya dengan penggunaan Laparoskopi dalam prosedur pembedahan. Bedah Laparoskopi (bedah minimalis invasif) artinya bedah dengan irisan minimal/kecil (antara 5-12 mm) dengan cara memasukkan kamera/alat untuk bekerja dan dihubungkan dengan monitor. Menurut dr. Alexander Surya Agung, Sp.B, FINACS, FICS, sebagai dokter Bedah Umum sekaligus Kepala Instalasi Bedah Sentral RS. Bhayangkara Surabaya menjelaskan bahwa ada 2 jenis laparoskopi berdasarkan tujuannya yaitu Laparoskopi diagnostik dan Laparoskopi operatif. Dokter bedah bisa menjalankan salah satunya dalam prosedur laparoskopi, bisa pula dua-duanya sekaligus, pungkasnya.

      Lebih lanjut dr. Alex, Sp.B menjabarkan ada beberapa prosedur yang menggunakan laparoskopi operatif yakni operasi Varicocele, Apendisitis akut /keradangan usus buntu, batu empedu, hernia, kasus-kasus kandungan, Operasi usus lainnya, dan lain-lain. Mengenai Operasi laparoscopy cholecystectomy, dr. Alex, Sp.B menuturkan bahwa operasi mutakhir ini merupakan pengangkatan batu empedu dan kantong empedu dengan bantuan alat khusus yakni laparoskopi.

      Keuntungan dari prosedur ini adalah Luka kecil (5-12 mm), Nyeri pasca operasi yang jauh lebih ringan, penyembuhan luka lebih cepat, Resiko infeksi lebih kecil, reduce blood loss, kerusakan jaringan lebih sedikit, ungkap dr. Alexander Surya Agung, Sp.B, FINACS, FICS dalam rilis yang diterima oleh BSMMed dan ditulis Minggu (2/5).

      Keuntungan lain diungkap oleh Komisaris Polisi Ida Ernawati, S.Kep.Ns selaku koordinator Perawat Instalasi Bedah Sentral, bahwa operasi dengan prosedur laparoskopi akan mengurangi Long Of Stay (hari perawatan) di Rumah Sakit karena pemulihan pasca operasi dengan prosedur ini lebih cepat. Lebih lanjut Kompol Ida menjelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan agar proses penyembuhan luka dapat berlangsung lebih cepat yaitu dengan kontrol ulang kepada dokter bedah, meminum obat yang diadviskan oleh dokter, mencegah infeksi dgn menjaga agar luka operasi tetap kering/ tdk terkena air sampai dengan luka operasi sembuh, istirahat yang cukup, hindari mengangkat beban berat,  mengkonsumsi  makanan sehat dan minum yang cukup untuk membantu proses penyembuhan luka, Ujarnya (ida.e/rsbsm;nyo:red)

 

Kirim Komentar


Nama
Email
Komentar
Berkomentarlah secara bijak

 

      SURVEI KEPUASAN PASIEN DAN KELUARGA

 

 

 


Galeri Terbaru


  10 Foto

MAKLUMAT PELAYANAN

  9 Foto

INSTALASI RADIOLOGI

  37 Foto

INSTALASI RAWAT INAP RS BHAYANGKARA HSSM SURABAYA

  12 Foto

Kegiatan Bakti Sosial Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) Di RS Bhayangkara Surabaya


Lihat Semua Galeri

Alamat Kami

Jl. Ahmad Yani No.116, Ketintang, Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60231
Telp : +62 829 2227
Email : rsbhayangkarasurabaya@gmail.com
Temukan kami di :